Kamis, 21 Maret 2013

Refleksi "IDENTIFIKASI MASALAH PSIKOLOGI MENGAJAR MATEMATIKA, PSIKOLOGI BELAJAR MATEMATIKA DAN PSIKOLOGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA"


Psikologi dan matematika memiliki kaitan erat dalam kegiatan pembelajaran, baik pada siswa, ataupun guru. Berkaitan mengenai hubungan psikologi dengan matematika pada siswa, tugas yang membebani siswa tentu akan mempengaruhi psikologis siswa tersebut. Selanjutnya, keadaan psikologis siswa mempengaruhi motivasi atau semangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran matematika. Keadaan psikologis guru juga akan sangat mempengaruhi kegiatan pembelajaran matematika. Guru dalam kegiatan pembelajaran matematika dituntut untuk dapat mendidik semua siswa (mencakup keseluruhan kelas), tidak hanya siswa yang pandai atau yang duduk di depan saja. Diperlukan kemampuan seorang guru dalam memahami karakteristik siswa yang masing-masing berbeda. Dengan begitu, guru dapat menerapkan metode pembelajaran yang sesuai untuk kegiatan pembelajaran matematika yang membuat siswa merasa nyaman dan senang belajar matematika. Guru sekreatif mungkin membuat kegiatan pembelajaran matematika itu menjadi pembelajaran inovatif sehingga siswa aktif dalam proses belajar matematika. Penerapan managemen emosi juga mempunyai pengaruh terhadap adanya hubungan erat psikologi dengan matematika antara siswa, guru, dengan pembelajaran matematika.

Tidak ada komentar: