Intuisi matematika siswa hendaknya dikembangkan oleh
guru dalam proses pembelajaran matematika. Fakta yang terjadi di lapangan
selama ini adalah guru dihadapkan dengan UN sehingga membuat guru memusatkan kegiatan
pembelajaran untuk proses dan hasil dari pembelajaran matematika (mathematical
experiences) dengan memberikan latihan soal-soal kepada siswa dengan terus
menerus. Hal ini sebenarnya tidak baik untuk siswa itu sendiri, di samping
membuat siswa merasa lelah karena banyaknya latihan soal yang harus mereka
kerjakan, keadaan ini juga dapat membuat kreatifitas siswa, serta kemampuan
mengeksplorasi ide-ide siswa tidak mampu berkembang dengan maksimal. Kemampuan dan
pemahaman siswa di dalam pembelajaran matematika dapat didapat dengan
digunakannya suatu metode pembelajaran yang sesuai, yang mampu membuat siswa
merasa nyaman di dalam proses kegiatan pembelajaran matematika. Dengan
didapatkannya pemahaman serta pengetahuan tentang matematika yang telah dipelajari
tersebut, maka intuisi matematika dalam diri siswa itu akan muncul.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar