Selasa, 26 Februari 2013

Refleksi "Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 3: Budaya Matematika Menghasilkan Mathematical Intuition"


Dari artikel di atas, saya sependapat mengenai tanggung jawab seorang guru salah satunya adalah membudayakan matematika. Namun di sisi lain tanggung jawab ini merupakan untuk semua pihak yang berada di lingkungan hidup siswa itu baik mulai dari keluarga yakni orang tua, sekolah maupun lingkungan masyarakat. Intuisi matematika dapat muncul dengan adanya pengalaman tentang matematika dari peserta didik. Guru di dalam pembelajaran matematika menggunakan metode pembelajaran inovatif yang menjadikan siswa subyek pembelajaran sehingga siswa menjadi aktif dan dapat mengembangkan ide-ide yang ada di dalam dirinya. Selain itu guru juga dapat mengembangkan media pembelajaran yang menarik, sehingga siswa akan merasa nyaman dalam kegiatan pembelajaran matematika. Dalam pembelajaran matematika, intuisi matematika sangat penting untuk menghasilkan ide-ide  matematika.

Tidak ada komentar: