Selasa, 26 Februari 2013

Refleksi "Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 9: School Mathematics"


Hakikat matematika sekolah yang dikemukakan oleh Ebbutt dan Straker selama ini dijadikan suatu alternatif cara yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran matematika karena menjadikan kegiatan pembelajaran matematika menjadi menyenangkan bagi siswa. Hakikat matematika sekolah yang dikemukakan oleh Ebbutt dan Straker tersebut, yakni matematika adalah kegiatan penelusuran pola atau hubungan, kegiatan problem solving, kegiatan investigasi serta merupakan komunikasi dapat diterapkan oleh guru inovatif dalam mewujudkan pembelajaran matematika yang inovatif. Jika diterapkan dalam kegiatan pembelajaran matematika, siswa dapat mempunyai kemandirian, yakni dapat mengembangkan ide atau gagasan yang ada di dalam dirinya. Guru tidak sebagai penguasa dalam pembelajaran matematika namun sebagai fasilitator untuk siswa. Siswa memecahkan suatu masalah mengenai materi matematika kemudian guru mengarahkan siswa untuk mewujudkan tujuan pembelajaran matematika yang diharapkan.

Tidak ada komentar: