Hakikat matematika sekolah yang dikemukakan oleh
Ebbutt dan Straker selama ini dijadikan suatu alternatif cara yang digunakan
dalam kegiatan pembelajaran matematika karena menjadikan kegiatan pembelajaran
matematika menjadi menyenangkan bagi siswa. Hakikat matematika sekolah yang
dikemukakan oleh Ebbutt dan Straker tersebut, yakni matematika adalah kegiatan
penelusuran pola atau hubungan, kegiatan problem solving, kegiatan investigasi
serta merupakan komunikasi dapat diterapkan oleh guru inovatif dalam mewujudkan
pembelajaran matematika yang inovatif. Jika diterapkan dalam kegiatan
pembelajaran matematika, siswa dapat mempunyai kemandirian, yakni dapat
mengembangkan ide atau gagasan yang ada di dalam dirinya. Guru tidak sebagai
penguasa dalam pembelajaran matematika namun sebagai fasilitator untuk siswa. Siswa
memecahkan suatu masalah mengenai materi matematika kemudian guru mengarahkan
siswa untuk mewujudkan tujuan pembelajaran matematika yang diharapkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar