Rencana progam pembelajaran (RPP) merupakan suatu
dasar atau awal sebelum dilaksanakannya suatu kegiatan pembelajaran. RPP dibuat
oleh guru untuk tujuan terwujudnya tujuan pembelajaran yang sesuai dengan
standar isi, standar kompetensi, serta kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh
siswa. Selama ini, dalam praktiknya guru masih saja menerapkan sistem pembelajaran
yang berorientasi kepada guru bukan berorientasi kepada siswa. Untuk itu,
perubahan yang harus dilakukan guru dimulai dari dasarnya. Yakni merencanakan
kegiatan pembelajaran yang tertuang dalam suatu RPP dengan mengebangkan materi
ajar. Perlu adanya pengembangan serta perubahan yakni pembuatan suatu skema-skema
diantaranya struktur pembelajaran, skema pencapaian kompetensi, interaksi,
variasi metode yang digunakan, variasi media serta sumber belajar. Oleh karena
itu, kemampuan guru yang inovatif, mampu menjadi fasilitator untuk siswa
sangatlah penting. Adanya fasilitas yang mendukung seiring perkembangan
teknologi, sepertinya haruslah dimanfaatkan oleh guru untuk menunjang kegiatan
pembelajaran. Dimana guru dapat mencari sumber referensi pembelajaran lebih
banyak sehinggga mampu mengembangkan materi ajar serta mampu memanfaatkan media
untuk menunjang kegiatan pembelajaran yang lebih menarik dan membuat siswa
antusias dan merasa senang dalam belajar matematika, tentu tidak lepas agar
kegiatan pembelajaran matematika berorientasi kepada siswa itu sendiri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar