Sabtu, 23 Februari 2013

Refleksi "Pembelajaran Matematika Seperti Apa yang Kita Harapkan di SD?"


Sependapat dengan artikel di atas, bahwasanya proses pembelajaran matematika haruslah realistik, yang mana sesuai dengan kenyataan dan kondisi dari siswa itu sendiri. Proses pembelajaran menggunakan langkah-langkah pembelajaran mulai dari pembukaan, persiapan kemudian proses pembelajaran itu sendiri, yang diakhiri penutup berisi kesimpulan dan evaluasi dari kegiatan pembelajaran. Penerapan strategi pembelajaran sangatlah penting untuk terciptanya suasana kegiatan pembelajaran yang menyenangkan demi terwujudnya tujuan pembelajaran yang diinginkan. Guru bukanlah penguasa kelas, namun merupakan pembimbing yang mengarahkan siswa dalam kegiatan pembelajaran, seperti saat siswa melakukan diskusi materi yang menjadi topik pembelajaran saat itu. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk berdiskusi dengan temannya, kemudian setelah waktu diskusi selesai, guru menanggapi hasil dari diskusi siswanya, setelah itu memberikan tanggapan dan pengarahan agar tercipta hasil pembelajaran yang sesuai dengan tujuan daripada materi pembelajaran yang sedang dipelajari. Guru haruslah mencintai anak didiknya, sehingga proses pembelajaran akan berjalan dengan baik dan menyenangkan karena terjalin kenyamanan interaksi antara guru dan anak didik.

Tidak ada komentar: