Sependapat dengan artikel di atas, bahwasanya proses
pembelajaran matematika haruslah realistik, yang mana sesuai dengan kenyataan dan
kondisi dari siswa itu sendiri. Proses pembelajaran menggunakan langkah-langkah
pembelajaran mulai dari pembukaan, persiapan kemudian proses pembelajaran itu
sendiri, yang diakhiri penutup berisi kesimpulan dan evaluasi dari kegiatan
pembelajaran. Penerapan strategi pembelajaran sangatlah penting untuk
terciptanya suasana kegiatan pembelajaran yang menyenangkan demi terwujudnya
tujuan pembelajaran yang diinginkan. Guru bukanlah penguasa kelas, namun
merupakan pembimbing yang mengarahkan siswa dalam kegiatan pembelajaran,
seperti saat siswa melakukan diskusi materi yang menjadi topik pembelajaran
saat itu. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk berdiskusi dengan
temannya, kemudian setelah waktu diskusi selesai, guru menanggapi hasil dari
diskusi siswanya, setelah itu memberikan tanggapan dan pengarahan agar tercipta
hasil pembelajaran yang sesuai dengan tujuan daripada materi pembelajaran yang
sedang dipelajari. Guru haruslah mencintai anak didiknya, sehingga proses
pembelajaran akan berjalan dengan baik dan menyenangkan karena terjalin
kenyamanan interaksi antara guru dan anak didik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar