Selasa, 14 Mei 2013

Refleksi " Elegi Ritual Ikhlas 16: Menggapai Hamba Bersahaja"


Mengambil beberapa informasi yang disampaikan di dalam artikel Elegi Ritual Ikhlas 16: Menggapai Hamba Bersahaja, dapat disimpulkan bahwa dengan bermujahadah ita akan mempunyai sikap tawadu’, pemurah, mudah bersyukur. Apa yang menjadi jalan hidup disikapi dengan baik dan selalu bijaksana. Bermujahadah itu sendiri berarti melawan hawa nafsu yang tidak baik. Diperlukan niat yang sungguh-sungguh ketika kita bermujahadah. Dengan bermujahadah kita dapat membedakan antara nafsu yang baik dan yang tidak baik.
Manusia di dunia ini tidak ada yang sempurna. Manusia sering melakukan kesalahan karena mereka menuruti hawa nafsu. Nafsu yang tidak baik adalah nafsu yang hanya mengikuti haawa nafsunya saja, semuanya serba enak sesuai dengan keinginan. Nafsu yang tidak baik ini dekat sekali dengan sifat sombong, iri, dengki, riya, bakhil, khianat, munafik dan pendusta.
Jika kita telah memiliki pribadi yang tenang, maka dengan begitu kita akan selalu mengingat Allah sehingga kita ingin selalu dekat dengan Allah .Diri yang tenang kemudian menimbulkan kemampuan untuk selalu mengingat Allah SWT sehingga engkau selalu ingin beramal saleh. Semoga kita diberi kebahagiaan di dunia maupun di akhirat. Aamiin…

Tidak ada komentar: